SOSIALISASI “BIDIKSIBA GOES TO SCHOOL” KE SMK MUTIARA TANJUNG ENIM

SOSIALISASI “BIDIKSIBA GOES TO SCHOOL” KE SMK MUTIARA TANJUNG ENIM

Kelas XII sudah tinggal menghitung bulan untuk melakukan kegiatan belajar di sekolah. Dan selanjutnya mereka harus memikirkan mau kemana mereka akan melanjutkan pendidikan. Sehubungan dengan akan diadakannya penerimaan mahasiswa baru dalam program Biaya Pendidikan Mahasiswa Bukit Asam (BIDIKSIBA) tahun 2021, maka panitia pelaksana dari Forum BIDIKSIBA mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah menengah yang berada di Wilayah Ring 1 Perusahaan Unit Pertambangan Tanjung Enim (PT Bukit Asam)Tbk, salah satunya adalah SMK Mutiara Tanjung Enim.

Sosialisasi dari BIDIKSIBA ini dilaksanakan pada hari Jumat, 05 Maret 2021. Sama dengan sosialisasi sebelumnya, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh siswa-siswi kelas XII TKRO 1 dan TKRO 2 SMK Mutiara Tanjung Enim.

Perkenalan mahasiswa BIDIKSIBA

Dimulai dengan perkenalan tiap mahasiswa, dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang apa itu BIDIKSIBA, syarat-syarat peserta BIDIKSIBA, serta hak dan kewajiban serta sanksi penerima beasiswa BIDIKSIBA

Pemaparan Materi tentang beasiswa BIDIKSIBA

Program bantuan biaya pendidikan BIDIKSIBA ini ditujukan kepada siswa-siswi yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan Perguruan Tinggi sampai menjadi seorang sarjana/diploma melalui program BIDIKSIBA ini.

Ada 2 politeknik negeri yang bekerjasama dengan BIDIKSIBA yaitu Politeknik Negeri Sriwijaya dan Politeknik Negeri Malang. Kuota penerima beasiswa BIDIKSIBA di POLSRI lebih banyak daripada di POLINEMA.

Ada banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi setiap calon peserta beasiswa BIDIKSIBA ini salah satunya, harus fresh graduated, berusia maksimal 19 tahun, melampirkan rekening listrik, rekening air dan slip gaji terakhir urang tua. Jika peserta berhasil memenuhi persyaratan administrasi maka peserta berhak melanjutkan ke tahap-tahap selanjutnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab seputar beasiswa BIDIKSIBA ataupun sistem perkuliahan di POLSRI dan POLINEMA.

Cukup banyak siswa yang antusias dan bertanya pada sesi ini. Diharapkan siswa-siswi SMK Mutiara Tanjung Enim mendapatkan pencerahan tentang beasiswa yang dapat membantu mereka melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.