Sosialisasi AKM di SMK Mutiara Tanjung Enim

Sosialisasi AKM di SMK Mutiara Tanjung Enim

UN (Ujian Nasional) telah diganti menjadi AN (Asesmen Nasional) oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. AN adalah asesmen yang dilakukan untuk pemetaan mutu pendidikan pada semua sekolah, madrasah, serta program kesetaraan jenjang dasar dan menengah.

Bagi siswa, tentu harus paham apa itu AN. Dan sebelum menyampaikan info kepada siswa, maka Kepala Sekolah dan guru-guru pun harus tau apa itu AN dan AKM. Oleh karena itu, SMK Mutiara mengundang Ibu Dra.Hj Konatira, M.Pd sebagai pembina dan pengawas SMK untuk menjadi narasumber dan menjelaskan lebih lanjut terkait AN dan AKM pada hari Senin, 01 Maret 2021 ini.

Kegiatan diawali dengan kata sambutan dari Kepala Sekolah, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan doa.

Kata sambutan dari Kepala SMK Mutiara Tanjung Enim

Setelah itu, dilanjutkan dengan perkenalan diri dan pemaparan materi tentang Asesmen Nasional dan Asesmen Kompetensi Minimum oleh narasumber.

Terdapat 3 instrumen penilaian pada AN, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter (AK), Survei Lingkungan Belajar(SLB). Sekolah mengirimkan seluruh nama peserta didik ke pusat tetapi hanya 45 siswa saja yang akan terpilih untuk mengikuti AN. AKM, SK, SLB ditujukan untuk para siswa kelas 5 SD, 8 SMP, 11 SMA/SMK dengan waktu pengerjaan 2 hari secara langsung dan diawasi. Siswa akan disajikan 5 bentuk soal yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan essay. Sedangkan Survei Lingkungan Belajar juga ditujukan untuk Kepala Sekolah dan guru. Kepala Sekolah dan guru diberi waktu 2 minggu untuk pengisian kuesioner secara online dan tidak diawasi.

Jenis soal pada penilaian AKM berupa literasi membaca dan numerasi. Hal ini pasti sangat asing bagi para siswa. Oleh karena itu, para guru mengikuti sosialisasi ini agar guru dapat sesering mungkin mengenalkan jenis-jenis soal pada AKM sehingga siswa-siwi menjadi terbiasa dalam mengerjakan soal.

Pertanyaan demi pertanyaan diselingi disetiap kegiatan, hal itu dilakukan oleh Ibu Dra.Hj Konatira.,M.Pd agar peserta sosialisasi tidak bosan. Selain pemaparan materi, narasumber juga menyajikan beberapa bentuk contoh soal yang akan keluar pada AKM.

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan foto bersama narasumber. Diharapkan dengan adanya sosialisasi tentang pengenalan AKM ini, dapat menambah wawasan Kepala Sekolah dan para guru tentang apa itu AKM dan agar lebih mempersiapkan pengenalan AKM kepada para siswa.