SMK Mutiara Tanjung Enim Terima Kunjungan Kerja Dharma Wanita Persatuan PUPR Kabupaten Muara Enim

SMK Mutiara Tanjung Enim Terima Kunjungan Kerja Dharma Wanita Persatuan PUPR Kabupaten Muara Enim

Rabu, 17 Maret 2021, SMK Mutiara menyambut kunjungan kerja dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Muara Enim. Merupakan suatu kehormatan bagi SMK Mutiara mendapatkan kunjungan tersebut. Kunjungan kerja ini bertujuan untuk meninjau langsung bagaimana cara atau proses pembuatan sabun cuci tangan hasil inovasi siswa-siswi dari SMK Mutiara Tanjung Enim. Yang dimana hasil kunjungan ini akan dilaporkan ke pusat PUPR.

Acara kunjungan kerja dilaksanakan di Aula SMK Mutiara Tanjung Enim. Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan dari Ketua DWP PUPR Kabupaten Muara Enim yaitu Ny. Shopiya Hermin Eko Purwanto. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Kepala SMK Mutiara Tanjung Enim yaitu Ibu Erika Trimayanti, S.Pd.Fis, kemudian penyerahan cinderamata dari SMK Mutiara Tanjung Enim kepada Dharma Wanita Persatuan (DWP) PUPR Kabupaten Muara Enim, doa dan terakhir penutup sekaligus demo pembuatan sabun cuci tangan dari siswa-siswi SMK Mutiara Tanjung Enim

Dalam demo pembuatan sabun cuci tangan, siswa-siswi SMK Mutiara Tanjung Enim dengan bimbingan guru produktif kewirausahaan, Ibu Maryati, S.Pd menjelaskan satu per satu alat dan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan sabun cuci tangan ini. Alat yang digunakan tidak boleh mengandung besi atau stenlis, proses pengadukan secara manual, tidak menggunakan mesin, dan beberapa aturan lainnya.

 

Pengenalan alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan sabun cuci tangan

Proses pembuatan sabun cuci tangan oleh siswa-siswi 

Proses pengemasan dan pemberian label pada sabun cuci tangan

Tidak hanya siswa-siswi yang membuat sabun cuci tangan ini, ibu-ibu dari DWP PUPR Kab.Muara Enim pun ikut mencoba dalam proses pembuatan sabun ini.

Percobaan pembuatan sabun cuci tangan oleh DWP PUPR Kab.Muara Enim

Selain sabun cuci tangan, SMK Mutiara Tanjung Enim juga menyajikan beberapa hasil unit produksi lain dan beberapa hasil karya siwa-siswi yang terbuat dari bahan bekas atau karya kreatif lainnya. Beberapa hasil yang disajikan antara lain sabun cuci piring, detergen cair, talenan hias, tempat jarum pentul, celengan, dan hasil kerajinan lainnya.

Hasil unit produksi dan beberapa hasil karya siswa-siswi SMK Mutiara Tanjung Enim

Antusias yang tinggi dari DWP PUPR Kabupaten Muara Enim terbukti dengan diborongnya seluruh hasil produksi sabun cuci tangan dan beberapa kerajinan lainnya. Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri untuk SMK Mutiara Tanjung Enim

Ibu-ibu dari DWP PUPR Kab. Muara Enim melihat hasil karya siswa SMK Mutiara Tanjung Enim

Ibu-ibu dari DWP PUPR Kab. Muara Enim membeli bebrapa hasil karya siswa

Semoga dengan adanya kunjungan ini dapat memperkuat tali silaturahmi antara Dharma Wanita Persatua (DWP) Dinas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Muara Enim dan SMK Mutiara Tanjung Enim, dan dapat menjadi pemacu semangat dan kreatif dari siswa-siwi SMK Mutiara Tanjung Enim.