Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMK Mutiara Tanjung Enim

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMK Mutiara Tanjung Enim

Setiap tanggal 12 Rabiul Awal tiap tahunnya oleh umat islam selalu diperingati sebagai hari lahir Nabi Muhammad SAW. Peringatan Hari Lahir Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi diadakan tidak hanya di Indonesia saja namun juga diadakan di berbagai negara yang lainya seperti Malaysia, Pakistan dan beberapa negara mayoritas muslim lainnya.

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H yang jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021, SMK Mutiara Tanjung Enim mengadakan acara pengajian dengan mengundang salah satu ustadz yaitu Ustadz Badrusalam, S.Pd.

Acara tersebut dibawakan oleh siswi dari Teknik Komputer dan Jaringan yaitu Yolanda Widia Putri, dilanjutkan oleh pembacaan tilawah oleh siswa bernama Yoga Akbar dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif serta pembacaan saritilawah oleh siswi dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif bernama Zulfaa Ayu Sartika.

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari kepala SMK Mutiara Tanjung Enim yaitu Ibu Erika Trimayanti, S.Pd.Fis

Setelah kata sambutan dari kepala sekolah, Ustadz Badrusalam, S.Pd menyampaikan tausiyahnya. Pada tausiyahnya dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut, beliau menyampaikan beberapa point penting yaitu mengenai sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW, mengenal kepribadian Nabi Muhammad SAW, Mengingat kembali perjuangan Nabi Muhammad SAW. Bagaimana cara kita menumbuhkan rasa cinta terhadap Nabi Muhammad SAW. Karena jika kita menumbuhkan sikap cinta maka akan tumbuhlah keindahan, kekuatan dan pengorbanan yang tumbuh dalam diri kita.

Pada saat Nabi Muhammad SAW memulai berdagang dan datang ke kota-kota, Nabi sering mendapatkan perlakuan tidak baik oleh orang-orang Yahudi tetapi Nabi Muhammad tidak membalasnya karena Nabi Muhammad mendapatkan bisikan dari malaikat jika setetes darahnya jatuh ke tanah maka Allah akan membolak balikkan kota tersebut.

Terakhir, Ustadz Badrusalam, S.Pd mengajak seluruh siswa, guru, staff dan kepala sekolah untuk memanjatkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW karena di akhirat kelak, Nabi Muhammad SAW lah yang akan memberikan syafaat kita di hari kiamat dan selanjutnya ditutup dengan muhasabah diri dan pembacaan doa.

Semoga dengan adanya acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, kita semua lebih dapat menumbuhkan rasa cinta kepada beliau, selalu memanjatkan shalawat dan menjadikan beliau sebagai suri tauladan bagi kehidupan kita. Dan semoga kita semua mendapatkan syafaat beliau di akhirat kelak.