Pelajar SMK Mutiara Tanjung Enim Produksi Sabun

Pelajar SMK Mutiara Tanjung Enim Produksi Sabun

Melihat besarnya manfaat penggunaan detergen cair dan sabun pencuci piring di zaman sekarang, maka ini menjadi suatu peluang yang bisa dijadikan salah satu produk dalam menumbuh kembangkan suatu wirausaha. Kegiatan wirausaha ini tentunya tidak terlepas dari adanya semangat kewirausahaan bagi calon entrepreneurship. Semangat kewirausahaan dapat dimiliki oleh semua orang, begitu juga dengan para siswa-siswi SMK Mutiara Tanjung Enim.

Para siswa-siswi dapat melatih kemampuan entrepreneur yang mereka miliki dengan menciptakan inovasi-inovasi produk yang berkualitas. Salah satu upaya untuk menciptakan semangat kewiruasahaan para pelajar di SMK Mutiara Tanjung Enim ini yaitu dengan membuat produk detergen cair dan sabun cuci piring cair.

Produk yang diberi label “KILAU MUTIARA” dihasilkan dari para siswi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Produk ini memiliki harga jual yang cukup terjangkau, yaitu berkisar antara Rp.5.000 hingga Rp.10.000,- per botol dengan ukuran 600ml

Proses Pembuatan Sabun Cuci Piring Cair dan Detergen Cair

Pengawasan Pembuatan Produk oleh Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan jurusan TKJ

Kegiatan praktek membuat sabun ini dilakukan pada jam praktek. setelah mempersiapkan bahan-bahan pembuatan sabun, para siswi TKJ bisa membuat sabun secara berkelompok.

berikut beberapa bahan dalam pembuatan sabun cuci piring dan detergen cair:

“Tujuan dilakukan pembuatan produk detergen cair ini agar melatih anak menciptakan barang baku menjadi barang jadi dan cara berwirausaha yang baik”, kata Ibu Maryati selaku Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan jurusan TKJ.

Diharapkan dengan adanya kegiatan praktek ini dapat membangun semangat dan kreativitas para siswa-siswi SMK Mutiara Tanjung Enim. Dan tentunya dapat meningkatkan mutu sekolah dengan adanya siswa-siswi yang aktif dan kreatif dalam menimbulkan ide-ide mereka.