Diklat Peningkatan Kompetensi Guru Dan TU SMK Mutiara Tanjung Enim

Diklat Peningkatan Kompetensi Guru Dan TU SMK Mutiara Tanjung Enim

SMK Mutiara Tanjung Enim mengadakan acara diklat peningkatan kompetensi guru dan tata usaha pada tanggal 12 Oktober 2021 sampai dengan 13 Oktober 2021 yang bertempat di AULA SMK Mutiara Tanjung Enim. Acara diklat tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas para guru dan tata usaha dalam mencetak generasi pemimpin bangsa yang lebih sukses, mandiri dan kreatif.

Pada acara diklat ini, SMK Mutiara Tanjung Enim bekerjasama dengan Dinas Ketenagakerjaan Muara Enim. SMK Mutiara Tanjung Enim juga menghadirkan orang-orang hebat sebagai narasumber pada acara diklat tersebut.

Acara Diklat Peningkatan Kompetensi Guru dan TU ini dibuka dengan Tari Sambut yang dibawakan oleh Siswi TKRO dan TKJ SMK Mutiara Tanjung Enim.

Setelah semua para undangan dan peserta memasuki aula, selanjutnya adalah pelaporan kegiatan Diklat Peningkatan Kompetensi Guru dan TU SMK Mutiara Tanjung Enim yang disampaikan oleh Kepala SMK Mutiara Tanjung Enim yaitu Ibu Erika Trimayanti, S.Pd.Fis

Setelah penyampaian laporan, selanjutnya adalah kata sambutan dan acara diklat resmi dibuka langsung oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Muara Enim, yaitu Ibu Hj. Siti Herawati, SH pada hari pertama (Selasa, 12 Oktober 2021)

Untuk mengambil hikmah dan berkah dari acara diklat ini, maka dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Alvianus Ulva, S.Pd.I

Setelah Coffee Break, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama yang disampaikan oleh Bapak Drs. Harry Murtiyono selaku pihak Dinas Ketenagakerjaan Muara Enim. Bapak Harry menyampaikan materi tentang peraturan ketenagakerjaan, termasuk UU tenaga kerja dan lainnya.

Lanjut materi kedua tentang Pelatihan Kerja. Materi tersebut disampaikan oleh Ibu Desie Asriyani, SE dari pihak Dinas Ketenagakerjaan Muara Enim.

Narasumber selanjutnya masih dari Dinas Ketenagakerjaan Muara Enim, yaitu Bapak Ruslim, MM. Beliau menyampaikan materi tentang Penempatan Kerja.

Setelah tiga narasumber dari Dinas Ketenagakerjaan Muara Enim menyampaikan materi, acara dilanjutkan setelah ISHOMA.

Acara diklat dilanjutkan kembali dengan narasumber keempat adalah Bapak Bambang Gusviantara, S.Pd.,M.M dari SMK N 1 Tanjung Agung. Beliau menyampaikan materi yang berkaitan dengan kesiswaan yaitu Pembinaan Karakter Peserta.

Materi penutup dihari pertama diklat yaitu tentang Link and Match, Manajemen Bengkel dan Laboratorium disampaikan oleh Bapak Drs. H. Winarto, M.M dan Bapak Drs. Rika Montana.

Hari Kedua Diklat Peningkatan Kompetensi Guru dan TU SMK Mutiara Tanjung Enim (Rabu, 13 Oktober 2021) menghadirkan narasumber yang tidak kalah menarik dari hari pertama.

Narasumber pertama disampaikan oleh CSR PT. Pama Persada Nusantara yaitu CSR Officer Joko Budi Santoso. Beliau menyampaikan materi tentang Pembekalan Peserta Didik dalam Menghadapi Dunia Kerja.

Masuk materi kedua yang disampaikan oleh Ibu Dina Apriana, S.Pd.,M.M dari PHRI Muara Enim, Narasumber kali ini menyampaikan bagaimana cara membangun jiwa kewirausahaan baik itu dari kepala sekolah, guru, TU bahkan para pesserta didik. Selain itu, Ibu Dina juga menyampaikan agar kita semua mampu membaca peluang bisnis dimanapun.

Tak hanya pemaparan materi, terdapat juga sesi tanya jawab pada acara diklat kali ini. Yang bermanfaat untuk menggali lebih dalam tentang materi yang telah disampaikan oleh para narasumber.

Setelah pemaparan materi tentang bidang umum, setelah ISHOMA memasuki penyampaian materi yang lebih terkhusus kepada bidang kejuruan TKRO, TKJ dan guru umum. Guru Produktif TKRO mendapatkan materi khusus untuk kejuruan TKRO yaitu Pengenalan Teknik Pengelasan yang disampaikan oleh Bapak Apri Alpa Edsa.

Materi untuk guru produktif TKJ dan umum adalah tentang Desain Grafis, yaitu bagaimana cara membuat media pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan bagi siswa. Selain itu juga diajarkan tentang bagaimana cara mengubah background foto dan membuat spanduk sederhana. Materi tersebut disampaikan oleh Bapak Sarwono dari LKP Zakiyah Muara Enim.

Kepala SMK Mutiara Tanjung Enim, Ibu Erika Trimayanti, S.Pd.Fis mengucapkan terima kasih banyak kepada para narasumber hebat yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan ilmu yang bermanfaat bagi guru dan TU SMK Mutiara Tanjung ENim.

selain itu, Ibu Erika Trimayanti, S.Pd. Fis juga berharap, dengan adanya Diklat Peningkatan Kemampuan Guru dan TU SMK Mutiara Tanjung Enim ini, para guru akan semakin kreatif dalam menyiapkan metode pembelajaran yang menarik bagi siswa. Para pendidik dan TU juga bersama kepala sekolah bekerja sama dalam menumbuhkan sifat entrepreneurship dalam mewujudkan SMK Mutiara Tanjung Enim dalam bidang wirausaha. Tak lupa juga bersama-sama mempersiapkan para peserta didik untuk memasuki dunia kerja.